Masuk Kampus dan Mengapa Ambil Logistik

Menjadi Mahasiswa Logistik 

Perkenalkan nama saya Maulana Akmal Firdaus, salah satu mahasiswa Institut Transportasi dan Logistik Trisakti (ITL Trisakti) yang berlokasi di Cipinang Besar Selatan, Kec. Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Saya memulai perkuliahan di ITL Trisakti pada tahun ajaran 2021/2022 dengan mengambil program studi D3 Manajemen Logistik dan Material (D3 MLM).

Kenapa Kampus ITL Trisakti?

Sesuai dengan namanya, kampus ITL Trisakti berfokus pada bidang Transportasi dan Logistik. Industri Transportasi dan Logistik ini sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia, masih adanya manusia berarti industri ini tidak bisa hilang. Hal tersebut menjadi salah satu alasan kuat saya untuk menempuh pendidikan di ITL Trisakti. Disamping itu, ITL Trisakti juga memiliki banyak program beasiswa yang tentunya dapat memudahkan saya pada saat menempuh pendidikan. Hal lain yang memikat hati saya untuk semakin yakin menjadi mahasiswa ITL Trisakti adalah kenyataan bahwa kampus ini memiliki banyak kerjasama dengan perusahaan Transportasi dan Logistik. Kerjasama tersebut dapat memudahkan saya untuk lebih cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari kampus.

Kenapa Prodi D3 MLM?

Alasan pertama memilih prodi D3 MLM adalah sesuai yang saya ketahui bahwa hampir setiap perusahaan itu membutuhkan seorang ahli di bidang logistik. Sedangkan jurusan logistik masih jarang kita jumpai di kampus - kampus yang lain. Dengan melihat situasi tersebut, memilih prodi D3 MLM adalah pilihan yang cukup bijak menurut saya. Ditambah lagi, terlihat jelas pada saat terjadinya pandemi, dimana banyak sektor industri yang surut bahkan tidak berjalan. Namun demikian, sektor logistik tetap dapat bertahan dan mampu membantu pemerintah dalam menangani situasi pandemi. 

Kegiatan di luar kampus

Alhamdulillah..., sekarang saya sudah masuk semester dua. Biasanya, untuk refreshing dari kegiatan perkuliahan dan tugasnya yang menjadi makanan sehari - hari, saya akan sejenak jalan - jalan menikmati alam. Kebetulan hobi saya sejak masih duduk di bangku SMP adalah mendaki gunung. Berawal dari ketidaksengajaan saya mendaki sebuah bukit yang tidak jauh dari rumah, dan mendapati perasaan yang tidak bisa digambarkan dengan kata - kata ketika menggapai puncaknya. Hal tersebut berlanjut menjadi rasa penasaran untuk mendaki bukit/gunung yang lainnya. Kegiatan mendaki gunung ini biasa saya lakukan pada saat akhir pekan atau libur semester.

Ini adalah foto saya saat pertama kali mendaki gunung pada tahun 2017, tepatnya di Gunung Slamet dengan ketinggian 3428 mdpl. Masih terlihat culun sekali 😁. Kebetulan saat itu di puncak cukup sepi, hanya ada saya dan enam orang rombongan dari Tangerang. 

Gunung Slamet, 23 Mei 2017

Pengalaman yang paling menarik adalah pada saat saya mendaki Gunung Lawu. Karena gunung ini memberikan pengalaman mistis yang tak terlupakan bagi saya. Mungkin kalau diceritakan disini akan terlalu panjang artikelnya hehe...

Ini saya kasih fotonya saja saat pendakian Gunung Lawu.

Gunung Lawu, 13 Juni 2019

Oleh karena hobi saya mendaki gunung, saya berencana untuk mengikuti UKM MATRAPA (Mahasiswa Transportasi Pecinta Alam) pada semester tiga nanti. Untuk saat ini saya belum mengikuti UKM apapun. Saya merasa kurang efektif jika hanya mengikuti UKM melalui daring saja.

Lulus kuliah mau kemana?

Setelah tadi jalan - jalan di alam, saya akan kembali ke dunia perkuliahan. Berusaha sebaik dan semaksimal mungkin dalam pembelajaran dengan harapan bisa mendapatkan pekerjaan yang saya impikan. Setelah lulus dari kampus saya berencana untuk bekerja di PT. Agility International. Perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang jasa logistik. Disamping itu, menurut para alumni ITL Trisakti yang pernah bekerja disana, PT. Agility International memiliki lingkungan kerja yang baik dan ramah kepada karyawan baru.

Saya rasa itu saja yang bisa saya ceritakan. Masih banyak kesalahan dan kekurangannya saya mohon maaf yang sebesar - besarnya. 

TERIMAKASIH BANYAK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Blog GRATIS lewat Android

Kipas Angin Maspion JF - 2112 S